Laman

Sabtu, 07 Mei 2011

LAGI LAGI KECELAKAAN PESAWAT TERBANG DI NEGARA KITA........!!!!!

Jatuhnya pesawat terbang jenis MA 60 di Teluk Kaimana, Papua Barat, merupakan kasus ke dua di Indonesia. Bahkan kecelakaan yang menewaskan 16 orang penumpang ini terhitung paling parah dibanding sebelumnya yang terjadi di Philipina, Zimbabwe dan Myanmar.

"Berdasar statistik yang ada sudah 5 kali seperti ini mulai 2009. Dua di Indonesia termasuk yang terakhir ini," kata mantan anggota Komisi V DPR, Alvin Lie, kepada detikcom, Sabtu (7/5/2011).

Sepengetahuannya, pesawat MA 60 dibuat di China sejak tahun 2000. Kasus kecelakaan pesawat jenis serupa yang pernah terjadi yakni di Philipina, Zimbabwe, Myanmar dan dua kali di Indonesia.

"Malah beberapa bulan lalu pernah pesawat yang sama gagal take-off baling-baling rusak. Tapi nggak ada korban. Kalau ini masuk malah ini bisa jadi yang keenam terjadi," jelasnya.

Alvin mengatakan, perlu adanya penyelidikan untuk menetapkan apakah pesawat jenis itu secara teknis layak terbang atau tidak. Pesawat penumpang berbaling-baling itu tergolong baru karena baru beroperasi pada tahun 2000.

Alvin pun tak mau berkomentar banyak apakah pesawat ini memang rentan kecelakaan atau tidak. Dia menyerahkan seluruhnya kepada KNKT yang berhak menyelidiki penyebab kecelakaan pesawat yang sudah terjadi.

"Saya tidak berani berspekulasi. Kita belum tahu persis apa penyebabnya. Saya kira biarlah KNKT yang bekerja dulu. Teliti apa penyebabnya. Apakah nanti masih boleh dipakai atau tidak," pintanya.Sumber